Monday, July 10, 2006

 

Tour The Santosa Island

Setelah semalaman istirahat hari pertama di Singapura kebetulan A Budi libur jadi ceriteranya mau ngantar week end rombongan pagi-pagi sudah siap berangkat dengan persiapan mandi dan tidak lupa sarapan pagi.

Hari itu rombongan akan diajak melihat pulau santosa berangkat sudah agak siang dari rumah menuju station Simei yang jaraknya kurang lebih 500 meter sampai di Station, dibekali dulu kartu berupa tiket namanya EZ Link setiap orang dikasih satu dan diisi dulu dari kartu kredt atau kalau di kita semacam ATM masing masing 20 dollar Singapur dikali 7 ya sudah 140 dollar, kemudian rombongan menuju kereta sebelumnya kartu yang dikasih ditempelkan ke sensor, bila sensor menerima tandanya hijau dan ada nilai uang didepannya kalau kita melihat didepan tanda hijau.

Naik kereta dari Station Simei menggunakan kereta (MRT)jalur hijau menuju station penyebrangan menuju pulau santosa, ternyata tampat penyebarangan ke pulau santosa adalah juga tempat kemarin datang dari batam namanya Harbaur front.

Dari Harbour Front nyebrang menggunakan kereta gantung, bayar dahulu sebesar 16 dolar per orang kemudian naik lift ke tingkat 11 sampai di atas, tolong orang berjubel padat sekali sedangkan tempat antri sempit, tapi karena namaanya di Singapura budaya antrinya sudah sangat hebat, orang berjubel segitu banyak dengan tempat yang sempit juga antrinya sangat tertib, bayangkan kalau di Indonesia pasti sedah banyak yang nyalip dan saling betengkar. Kapasitas kereta gantung hanya 6 orang setelah lama menunggu, alhamdulilah kebagian juga.karcis hanya dibolongin saja dan kita kebetulan diizinkan untuk naik ber tujuh.

Kereta gantungnya hampir sama dengan yang di taman Mini Jakarta cuman bedanya di Taman Mini kapasitasnya hanya 4 orang sedang di Pulau Sanosa Kapasitasnya 6 orang dan yang hebatnya saat sampai ditiang tenganhtidak ada bunyi kalau di taman mini pasti " ngageredeg " dan juga sampai di tujuan tudak saling beradu antara kereta satu dengan yang lainnya.

Sampai di pulau santosa yang paling pertama dituju adalah patung Singa Merlion)letaknya ada di tengah, sejak pendaratan di pulau santosa kita menggunakan bis ini juga tidak bayar lagi, tadinya mau naik kerena mono rel yang merupakan pasilitas di pulau santosa namun sayang kereta mono rel sedang direnovasi " nasib ",
Sebelum masuk patung singa kita istirahat dulu di bawah sambil "murak timbel" yang dibawa dari rumah yaitu roti dan kacang karena belum ada pengalaman, untuk minum beli aqua mahalnuya minta ampun aqua saja 2 dollar atau seharga kurang lebih dua belas ribu rupiah.

Setelah istirahat kita masuk ke patung Singa tentu saja bayar lagi mau masuk sebesar 8 dolar, di dalam kita disuguhi lagi dengan berbagai atraksi yaitu seolah-olah kira berada di dalam air dengan suasana yang cukup mencekam, yang paling lucu ada suatu ruangan dimana disana diberi penerangan dengan sinar ultra violet sehingga segala sesuatu yang berwarna putih sangat menyala sedangkan warna lain gelap, sehingga kalau kita ketawa kelihatan seperti taring dan kuku kelihatan putih, apabila kita saling melihat sangat mengerikan. Diruangan lain kita difoto untuk kemudian diberi karcis, agar kalau kita keluar dapat dilihat foto kita dan jika ingin menabus tinggal dicetak dan bayar tentunya.

Kemudian kita naik lagi menuju lantai atas melalui tangga hingga ke tempat paling atas disana dapat melihat pulau santosa dan singapura yang terlihat adalah gedung-gedung yang menjulang tinngi, disana diberi petunjuk beberapa gedung tertinggi di Singapura di atas kita sempat berfoto ria dan diambil gambar melalui alat handy cam yang dibawa dari rumah.

Setelah merasa cukup di tempat paling tinggi kita turun lagi menuju mulut Singa namun di sini tidak bisa lama karena banyak yang antri difoto baik foto yang dibawa sendiri maupun tukang foto yang ada disitu dan kita juga sempat berfoto ria.

Habis berfoto kita turun lagi ke lantai bawah menggunakan lif disana banyak jualan supenir, tapi kita tidak beli karena pasti harganya mahal-mahal hanya memesan sebuah foto yang dari dalam, harganya 15 dolar per buah untuk foto yang kedua dan seterusnya 12 dolar, kita hanya mesan satu sebagai kenangan saja.

Turun dari patung Singa kita melihat pertunjukan yang kemudian diketahui paling spektakuler yang pernah saya lihat. dari patung Singa kita neik lagi bis gratis pasilitas pulau santosa sampai disana ternyata sudah ada pertunjukan anak-anak kurang lebih SMP atau SLA kalau dikita dan suguhan ini kelihatannnya dari india cina dan melayu namun sayang pertunjukan hanya 4 grup saja setelah itu kita menunggu untuk menyaksikan menu utama pertunjukan. Pertunjukan ini harus menunggu gelap karena menggunakan media layar air dan permainan sinar laser.

Hari mulai gelap dari sound syatem tempat pertunjukan sedah mulai persiapan pembawa acara memberikan ucapan selamat datang dan terima kasih untuk kedatangannya, ucapan selamat dalam berbagai bahasa yaitu Cina inggris melayu dan kedengarannnya dalam bahasa india juga jepang.

Pertunjukan diawali dengan musik yang kencang dan air mancur sesuai dengan irama musik kemudian keluar icon berupa monyet dari sinar laser yang ditangkap layar air mancur film berlanjut sampai kurang lebih satu jam yang sangat mengagumkan adalah perpaduan antara musik, air mancur dan sinar laser pertunjukan paling akhir keluar dua sinar arahnya dari patung singa serta keluar api dari titik-titik kolam yang menyembur dari beberapa titk sekaligus.

Habis menyaksikan pertunjukan film rombongan menuju pertunjukan lain yaitu film empat dimensi lagi-lagi kita harus menunggu karena jadwal pertunjukan kurang lebih setengah jam, film ini dikatakan empat dimensi karena filmnya seperti di kenyataan dengan filmnya serta kursi dapat bergerak dan pada saat tertentu keluar juga tiupan angan dari belakang kepala dan kaki dengan demikian kita seperti di alam nyata saja , di tempat pertunjukan ini bayar tiap orang seharga 16 dolar.

Selesai pertunjukan kita pulang dengan menyabrang menggunakan kereta gantung. kita lanjutkan lagi besok.





Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?